Apakah Penyakit Pneumonia Dapat Berbahaya Bagi Penderitanya

denature 1

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu dari jenis penyakit paru paru, yaitu penyakit pneumonia atau yang sering di sebut juga penyakit paru paru basah. Berikut saya akan menerangkan untuk anda apakah penyakit pneumonia dapat berbahaya bagi penderitanya, nanti saya akan menerang kannnya beserta saya akan mengupas lebih dalam lagi mengenai penyakit pneumonia ini, tentang apa penyebabnya dan bagaimana gejalanya.

Pengertian Penyakit Pneumonia

Penyakit pneumonia atau yang sering di sebut juga penyakit paru paru basah adalah sebuah kondisi medis yang terjadi akibat timbulnya peradangan yang terjadi pada jaringan disalah satu atau kedua bagian dari paru paru. Hal ini terjadi akibat adanya infeksi virus, jamur, bakteri ataupun parasit kedalam tubuh melalui sistem pernapasan dimana pulmonary (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer udara menjadi “inflame” dan terisi oleh cairan.

PARU PNEUMONIA 1

Penyebab Penyakit Pneumonia

Selain itu, penyebab lain yang juga bisa memicu adanya penyakit pneumonia dalam tubuh adalah disebabkan oleh adanya iritasi kimia atau fisik dari bagian paru-paru atau sebagai akibat dari adanya penyakit lain didalam tubuh yang mana pada umumnya, penyakit tersebut mengindikasikan adanya penyakit serius seperti halnya penyakit kanker paru-paru atau sebagai akibat dari terlalu seringnya mengkonsumsi alkohol.

Akan tetapi, penyebab yang paling sering terjadi pada kebanyakan kasus penyakit pneumonia adalah adanya serangan bakteria dari jenis streptococcus pneumoniae, atau pneumokokus. Penyakit paru-paru yang satu ini tidaklah boleh dianggap remeh atau mungkin disepelekan, hal ini dikarenakan dampak dari penyakit ini akan sangat berbahaya. Dan rasanya, bukanlah tindakan yang baik jika kita mengabaikan segala macam penyakit yang muncul dalam tubuh kita.

Gejala Penyakit Pneumonia Atau Paru Paru Basah

Tanda dan gejala yang di timbulkan penyakit pneumonia pada umumnya bervariasi, mulai dari gejala yang ringan sampai gejala yang berat. Hal ini biasanya akan bergantung pada faktor-faktor yang menyebabkan sakit pneumonia bisa tejadi seperti halnya jenis kuman penyebab, usia penderita hingga kondisi kesehatan si pasien secara keseluruhan.

Pada umumnya, tanda dan gejala pneumonia yan ringan lebih sering mirip dengan flu atau yang lebih dikenal dengan common cold (sakit demam, batuk-ilek), namun bedanya gejala yang satu ini masa berlangsungnya begitu lama bahkan rasanya penyakit ini tak kunjung sembuh sehingga membuat si penderita dibuat tersiksa dengan kondisi seperti ini.

Adapu ciri dan gejala dari pneumonia yang umum diantaranya adalah:

  • Demam, berkeringat dan menggigil.
  • Kelelahan dan nyeri otot Mual, muntah atau diare.
  • Batuk berdahak tebal dan kentel (lengket).
  • Sesak napas (nafas cepat).
  • Suhu tubuh lebih rendah dari normal pada orang di atas usia 65 tahun, dan pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Nyeri dada saat bernapas dalam atau ketika batuk.
  • Sakit kepala.

Nah, melihat gejala yag dinampakan cenderung lebih mirip dengan gejala kesehatan lainnya, maka tidak heran akan sulit untuk mendeteksi gejala penyakit ini. Untuk itulah, penting sekali memeriksakan kesehatan ke dokter bila anda merasa ada gangguan atau kondisi yang salah dengan kesehatan anda. Selain beberapa gejala diatas, ada pula beberapa gejala yang lebih spesifik yang dapat dirasakan oleh si pederita pneumonia.

Gejala Lain Penyakit Pneumonia

1. Mengalami Mual dan Muntah

Gejala penyakit pneumonia yang pertama adalah si penderita yang mulai megalami mual dan muntah setelah datangnya beberapa gejala umum diatas. Kondisi seperti ini umumnya terjadi pada siapa saja tanpa batasan usia. Gejala ini pada umumnya adalah tanda yang akan mencirikan bahwa terjadi gangguan yang salah dengan tubuh anda.

Untuk itulah, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan anda yang sebenarnya. Selain itu, gejala ini bisa saja mengindikasikan penyakit lain dalam tubuh anda. Menjaga kesehatan adalah hal yang penting untuk menghindarkan anda dari ancaman penyakti yang dapat menyerang kapan saja dan dimana saja.

2. Hilangnya Nafsu Makan

Gejala ini, umumnya berkaitan dengan timbulnya gejala diatas yakni mual dan muntah. Dengan beberapa gejala diatas, maka nafsu makan anda malah akan semakin memburuk. Bila anda tidak memaksakan diri untuk menyantap makanan, maka kondisi ini malah akan membuat kesehatan anda semakin menurun.

Selain itu, tidak adanya energi dalam tubuh akan membuat anda lemas dan tidak berdaya. Untuk itu, bila anda merasa mual ketika menyantap makanan, maka sebaiknya gantilah dengan konsumsi buah dan sayur yang segar.

Beberapa gejala diatasa adalah kondisi yang bisa merujuk pada gejala pneumonia yang dirasakan oleh seseorang. Untuk itulah, jeli mendeteksi gejala-gejala diatas dan segera mengkonsultasikannya ke dokter adalah hal yang penting yang harus senantiasa anda lakukan. Demikianlah artikel yang saya buat mengenai penyakit pneumonia atau penyakit paru paru basah. Untuk pengobatannya bisa anda lihat di bawah ini, trimakasih.

Baca Juga : Apakah Penyakit Pneumonia Dapat Berbahaya Bagi Penderitanya

Mengobati Penyakit Paru Paru Dengan Bahan Herbal

Apa Saja Pantangan Makanan Yang Harus Di Hindari Penderita Penyakit Paru Paru

de nature 1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s